PENGARUH IKLAN TERHADAP POLA PEMILIHAN OBAT ANTIPIRETIK SECARA SWAMEDIKASI PADA ANAK USIA 5-11 TAHUN DI DESA BOGO KECAMATAN NGANJUK
PDF

Keywords

Swamedikasi
Pengaruh iklan
Koefisien regresi

Abstract

Latar belakang: Swamedikasi adalah penggunaan dan pemilihan obat yang dilakukan perseorangan untuk mengobati gejala penyakit yang dikenali sendiri. Tujuan: Mengetahui pengaruh iklan terhadap pola pemilihan obat antipiretik secara swamedikasi pada anak usia 5-11 tahun di desa Bogo Kecamatan Nganjuk. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional atau non eksperimental dengan menggunakan metode survei secara crosssectional menggunakan alat penelitian kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak dalam rentang usia 5-11 tahun yang tinggal di desa Bogo Kecamatan Nganjuk.. Hasil: Hasil penelitian didapatkan variabel tayangan iklan pada dimensi empati dan dimensi dampak dengan rata-rata tertinggi sebesar 137 (80%) sehingga dimensi empati dan dampak berhasil mempengaruhi daya beli masyarakat. Variabel pola pemilihan obat antipiretik didapatkan rata- rata tertinggi pada dimensi dampak sebesar 101,3 (59%). Simpulan: terdapat pengaruh iklan obat di televisi terhadap pola pemilihan obat secara swamedikasi pada anak usia 5-11 tahun di desa Bogo Kecamatan Nganjuk.
https://doi.org/10.56710/wiyata.v9i2.616
PDF

References

Amalia, R. N., Dianingati, R. S., dan Annisaa E. 2022. Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1): 9-15.

Ayudhia, R., Soebijono, T., dan Oktaviani. 2016. TA: Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Ita Farma. Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2021. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pengawasan Periklanan Obat. BPOM RI.

Brata, C. Fisher, C., Marjadi, B., Schneider, C.R. dan Clifford, R.M., 2016. ‘Factors influencing the current practice of self-medication consultations in Eastern Indonesian community pharmacies: A qualitative study’, BMC Health Services Research, 16(1), pp. 1–10. doi:

1186/s12913-016-1425- 3.

Cahyani, R., Hashary, A.R., dan Mustari, M. 2021. Pengaruh Iklan Obat Terhadap Tindakan Swamedikasi Obat Batuk Pada Masyarakat di Puskesmas Turikale Kabupaten Maros. Jurnal farmasi UIN Alauddin Makassar, 9(1), 7-15.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Helal, R. M. dan Abou-Elwafa, H. S. 2017. ‘Self-medication in university students from the city of mansoura, Egypt’, Journal of Environmental and Public Health, 2017. doi: 10.1155/2017/9145193.

Hidayat, D. R. dan Abdullah, A. 2014. ‘Fenomena Iklan Baris Kesehatan Di Surat Kabar Lokal’, Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), pp. 138–147. doi: 10.24198/jkk.vol2n2.4.

Indah, D. R., dan Maulida, Z. 2017. Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 1(2): 137-149.

Jusuf, C. S. dan Hermanto, D. R. 2019. ‘Apakah Iklan Televisi Masih Kuat Mempersuasi Konsumen Di Era Teknologi, Komunikasi, Dan Informasi’, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), pp. 37–45. doi: 10.32812/jibeka.v13i1.100.

Lukitaningsih, A. 2013. Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), pp. 116-129.

Mujiati, S., Hidayati, I. R., dan Atmadani, R. N. 2022. Pengaruh Iklan Obat Batuk pada Media Elektronik Terhadap Pemilihan Obat Swamedikasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), pp. 43-50.

Pancaningrum, E., dan Sari, D. K. 2019. Analisa Epic model: Mengukur efektivitas iklan Indomie versi ayam geprek di televisi. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), pp. 53-62.

Pristianty, L. dan Mufarrihah, M., 2021. Korelasi Iklan Obat Demam di Televisi Terhadap Pemilihan Obat pada Swamedikasi. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 8(3), pp. 271-278. doi: 0.25077/jsfk.8.3.271-278.2021

Rachmawati, H. 2011. Pengaruh Iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada masyarakat di Malang. Farmasains: Jurnal Farmasi dan Ilmu Kesehatan, 1(2).

Shimp, T.A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Suparman, R., sufyan Ramadhy, A., dan Nurseha, K. 2013. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Orang Tua Ketika Balita Demam Dengan Pemberian Obat Penurun Panas Antipiretik di Desa Cihideunghilir Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 2(2): 125-130.

Suseno, M. K. 2019. Tinjauan Visual Karakter Tokoh Singa Dalam Iklan Animasi Es Krim Paddle Pop Versi Dinoterra. Skripsi. Surakarta: Institut Seni Indonesia

Tutik, A. D., Fitriani, N., dan Inderasari,

E. 2020. Variasi dan fungsi ragam bahasa pada iklan dan slogan situs belanja online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 137-148.

Winata, A., & Nurcahya, I. K. 2017. Pengaruh iklan pada media televisi terhadap minat beli (studi pada calon konsumen bukalapak.com di Kota Denpasar). Doctoral dissertation, Udayana University.

Yunari, K. 2007. Evaluasi Kerasionalan Iklan Obat Tanpa Resep Pada Tayangan Acara Untuk Ibu-Ibu Di Empat Stasiun Televisi Swasta Nasional Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

 

ISSN Print: 2355-6498

ISSN Online: 2442-6555

Printed by LP2M IIK (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan) Bhakti Wiyata Kediri

Indexed By :

Plagiarism screening will be conducted by Jurnal Obsesi Editorial Board using Grammarly® Plagiarism Checker plagiarism screening service powered.