ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RSUD PARE MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL
PDF

Keywords

kepuasan
kualitas pelayanan
servqual

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, sehingga diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali dalam biaya dan mutu pelayanan yang diberikan. Penelitian bertujuan mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS dan pasien umum non BPJS terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi rawat jalan RSUD Pare. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner berdasarkan metode Servqual meliputi dimensi fasilitas fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Responden kelompok BPJS sebanyak 389 pasien dan umum sebanyak 375 pasien. Kuesioner dapat digunakan sebagai alat ukur penelitian dengan hasil uji validitas dengan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach yang menyatakan bahwa kuesioner sudah valid dan reliabel.Kualitas pelayanan kefarmasian yang ditinjau dari fasilitas fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan perhatian terhadap pasien peserta BPJS diperoleh nilai kualitas sebesar -0,4513 dengan interpretasi negatif dan pasien umum diperoleh nilai kualitas sebesar -0,2230 dengan interpretasi negatif yang berarti bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Pare belum sesuai dengan harapan pasien.Tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan kefarmasian pasien peserta BPJS diperoleh nilai kepuasan sebesar 0,9004 dengan interpretasi tinggi dan pasien umum diperoleh nilai kepuasan sebesar 0,9499 dengan interpretasi tinggi yang berarti bahwa tingkat kepuasan pasien sangat puas terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Pare
https://doi.org/10.56710/wiyata.v4i2.103
PDF

References

Pratiwi, Daniar, dkk. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Farmasi Rawat Jalan menggunakan Metode Servqual : Studi di Rumah Sakit Swasta X Jakarta. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.3, No.1 : 24-29

Departemen Kesehatan RI, Sekretariat Jenderal. 2008. Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS). Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Kementerian Kesehatan. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta : Kementerian Kesehatan

Raheem,A.R., et al. 2014. Patients’ Satisfaction and Quality Health Services: An Investigation from Private Hospitals of Karachi, Pakistan. Research Journal of Recent Sciences. Vol.3, No.7 : 34-38

Trisnawati, Komang, dkk. 2015. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan PNS pada Masa Pelaksanaan Askes dan JKN. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.5, No.2 : 33-39

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara

Mas’ud. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta menggunakan Model Servqual (Studi Kasus pada Tiga Apotek). Majalah Ilmu Kefarmasian. Vol.6, No.2 : 56-74

Tiyas dan Achmad. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi RSUD Setjonegoro Wonosobo. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.1, No. 2 : 119-125

Wathoni, Nasrul dan Rahayu, Susi Afrianti. A survey of consumer expectation in community pharmacies in Bandung, Indonesia. J App Pharm Sci. Vol.4, No.1 : 84-90

Yousapronpaiboon, Khanchitpol dan Arsanam, Prachayaporn. 2014. The Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction of Pharmacy Departments in Public Hospitals. International Journal of Innovation, Management and Technology. Vol.5, No.4 : 261-2

Santosa, Singgih. 2014. Panduan Lengkap SPSS versi 20 Edisi Revisi. Jakarta : Elex Media Komputindo

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

 

ISSN Print: 2355-6498

ISSN Online: 2442-6555

Printed by LP2M IIK (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan) Bhakti Wiyata Kediri

Indexed By :

Plagiarism screening will be conducted by Jurnal Obsesi Editorial Board using Grammarly® Plagiarism Checker plagiarism screening service powered.