Aplikasi Cognitive Behavioral Therapy dengan Metode Pembelajaran Tiga Dimensi terhadap Minat Sains Pada Siswa Sekolah Dasar

Soni Andriawan, Nanda Febriana Sari, Gita Pratiwi, Adelya Dwi Cendani Putri, Indah Permata Rizky, Dyah Worowirastri Ekowati, Arinta Agnie Dewantari

Abstract


Sekolah Dasar Negeri Tegalgondo No. 301, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, merupakan lembaga pembelajaran resmi dengan jumlah siswa 26 siswa yang terdiri dari kelas 4 dengan jumlah siswa 17 siswa dan kelas 5 yang terdiri dari 9 siswa. Terdapat kesalahan persepsi siswa terhadap sains sebagai hal yang menakutkan, serta kurangnya instrumen inovatif dan kreatif dalam pembelajaran sains yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap sains. Sehingga dimanfaatkan limbah rumah tangga sebagai media CBSains 3D yang merupakan gabungan antara terapi pada ilmu psikologi dan juga seni 3D, kemudian CB yang berasal dari CBT (Cognitive Behavioral Therapy) yang berfungsi merubah pola pikir negatif menjadi positif maupun sudut pandang seseorang tentang suatu hal. Tujuan pengabdian ini adalah menganalisis pengaruh terapi kognitif behavioral (CBT) menggunakan metode media pembelajaran tiga dimensi terhadap minat sains  siswa sekolah dasar. CBT merupakan pendekatan psikologis yang terbukti efektif  mengatasi berbagai masalah psikologis dan meningkatkan motivasi belajar. Metode pembelajaran tiga dimensi memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CBT dengan menggunakan metode media pembelajaran tiga dimensi  meningkatkan minat sains siswa sekolah dasar secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional.

Full Text:

PDF

References


Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28-37.

Fatkhurrohman, M. A., Nasibah, A., Hayati, M. N., & Fatkhomi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Buklet Berbasis Literasi Sains. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 77-83.

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan kematangan karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35-46.

Jayanti, E. D., Aryana, I., & Gunamantha, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 55-64.

Prasasti, P. A. T. (2017). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar; Vol. 4, No. 1, Juli 2017. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623

Putra, I. P. S., Lasmawan, I. W., & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 203-213.

Supriyati, S. (2018). Pembelajaran sains untuk anak sd/mi dengan pendekatan saintifik. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 45-51.

Wibowo, N. R. (2020). Teknik Cognitive Behavioral Therapy untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2), 159-168.

Yahya, A., & Megalia, M. (2017). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 133-146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengelola:P3M, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
» http://ojs.iik.ac.id/index.php/JCEE/index
Alamat:Jalan. KH. Wahid Hasyim 65 Kediri Jawa Timur Indonesia

» Tel / fax : 085824054091 /
 
Penerbit:P3M, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
   
Nomor ISSN:2714-5735 (media online)
Keterangan:» Kategori umum
» SK no. 0005.27145735/JI.3.1/SK.ISSN/2019.11 - 21 November 2019 (mulai edisi Vol.1, No.1, Oktober 2019)