PENGARUH METODE HANDWASHING DANCE TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU CUCI TANGAN PADA SISWA SD NEGERI TUNAS HAARAPAN DESA LOSARANG TAHUN 2023
Abstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Handwashing Dance pada siswa SD Negeri Tunas Harapan.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu metode quasi eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan disproposionate stratified random sampling dan didapatkan 100 sampel yang terbagi di setiap kelas. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar Pre-tes and Post-test. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Wilcoxon.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan untuk tingkat pengetahuan memiliki kategori Baik sebanyak 10%, Cukup 68% dan Kurang 22%. Sikap responden sebelum perlakuan dengan kategori Baik sebanyak 24%, Cukup 59% dan Kurang 17%. Perilaku responden sebelum perlakuan dengan kategori Baik sebanyak 8%, Cukup 70% dan Kurang 22%. Setelah diberikan perlakuan terjadi perubahan tingkat pengetahuan dengan kategori Baik sebanyak 27%, Cukup 53%, dan Kurang 20%. Sikap responden setelah perlakuan dengan kategori Baik sebanyak 28%, Cukup 59%, dan Kurang 9%. Perilaku responden setelah perlakuan didapatkan hasil dengan kategori Baik 22%, Cukup 76%, dan Kurang 2%. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p-value <0,001 yang artinya terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa setelah perlakuan.
Simpulan: Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode Handwashing Dance pada siswa terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku cuci tangan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Indonesia. 2021. Tingkat Kepatuhan Masyarakat untuk Cuci Tngan 75,38%.
Dataset Dinas Kesehatan Jawa Barat. 2021. Data Masyarakat Kabupaten di Jawa Barat yang ber-PHBS.
Erliyani, R. 2022. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Animasi Handwashing Dance Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mencuci Tangan Anak. Masker Medika, 10(1), 623-630.
Kartika, M., Widagdo, L., & Sugihantono, A. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(5), 339-346.
Kementererian Kesehatan Republik Indonesia. 2021. Cuci Tangan Pakai Sabun Turunkan Penyakit Diare dan ISPA.
Lestari, N. K. M. K. D., Negara, I. M. K., & Wulansari, N. T. (2020). Pengaruh Demonstrasi Hand Washing Dance Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Mencuci Tangan Yang Benar Di Sdn 2 Pemecutan. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 4(1), 14-20.
Nirmala, B., Saraswati, M., & Annuar, H. 2021. Handwashing Dance Sebagai Literasi Kesehatan Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kreatif Online, 9(1), 121-130.
Swarjana, I.K., 2022 Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan Lengkap Dengan Konsep Teori,, Cara Mengukur Variabel, Dan Contoh Kuesioner. Andi: Yogyakarta.
Yuhanna, W. L., & Mumtahanah, M. 2019. Upaya Meningkatkan Kebiasaan Mencuci Tangan melalui Hand Washing Dance pada Siswa PAUD Al Abror Desa Bulakrejo Kabupaten Madiun. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 13-19.
DOI: http://dx.doi.org/10.56710/wiyata.v11i1.832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Wiyata: Penelitian Sains dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© All rights reserved 2017. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains dan Kesehatan by LP2M IIK (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan) Bhakti Wiyata Kediri
ISSN Print: 2355-6498
ISSN Online: 2442-6555
Editor's Address
Street. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri East Java Indonesia
Postal Code: 64114
Email: jurnalwiyata@iik.ac.id
Phone. 0354 773299/773535 ext 303
Fax. 0354 721539
CP Ainun N 085808350824 WA ONLY
View My Website:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.