Abstract
Latar belakang: Stunting adalah problematika di bidang kesehatan yang penting, memerlukan perhatian dan penanganan sungguh-sungguh. Kejadian stunting berfokus pada balita dan anak-anak. Stunting ditandai dengan pertumbuhan yang lambat, kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sejak dalam kandungan. Untuk mendeteksi stunting pada balita, upaya hal yang dapat dilakukan dengan pemantauan pertumbuhan, diantaranya pengukuran tinggi badan dan masa tubuh. Pengukuran tinggi badan pada balita dilakukan dengan menggunakan metode Antropometri, dengan menggunakan alat ukur infantometer atau microtoice. Operasionalisasi kedua alat tersebut terkategori sederhana, namun diperlukan keterampilan dan ketelitian dalam menggunakannya. Tujuan: Pada implementasi penggunaan infantometer dan microtoice masih ditemukan ketidaktepatan pengukuran. Hal ini akan berpengaruh pada keakurasian hasil pengukuran yang diperoleh. Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan non-randomized pretes-postes design dan strategi unjuk kerja. Penelitian dilakukan dengan empat tahapan penelitian. Hasil: Pada tahapan ke tiga dan keempat diperoleh hasil bahwa keterampilan proses kader Posyandu dalam menggunaan alat sudah terdapat peningkatan, terlihat dari peningkatan nilai posttes. Penilaian dilakukan dengan menggunakan Lembar Pengamatan Keterampilan Proses, dimana setiap kader diminta untuk melakukan unjuk kerja operasionalisasi alat dengan benar. Simpulan: Berdasarkan hasil observasi, tes, monitoring, dan evaluasi diperoleh hasil bahwa kader Posyandu antusias mengikuti pelatihan yang diberikan dan skills penggunaan alat semakin baik dan hasil pengukuran yang diperoleh lebih akurat.References
Data, P. (2018). Buletin Jendela Data Dan Informasi Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI, 56.
Depkes, D. K. (2011). Buku Panduan Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Dönmez, F., & Azizoğlu, N. (2010). Investigation of the students science process skill levels in vocational schools: a case of Balıkesir. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 79-109.
Ergül, R., Şımşeklı, Y., Çaliş, S., Özdılek, Z., Göçmençelebı, Ş., & Şanli, M. (2011). The Effects of Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Students'science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science & Education Policy, 5(1).
Farmer, W. A., & Farrell, M. A. (1980). Systematic instruction in science for middle and high school years. (No Title).
Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Ginting, A. A. B., Sehab, N. H., & Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa melalui kegiatan praktikum viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173-179.
Hidayah, N., & Marwan, M. (2020). Upaya pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan generasi milenial sadar gizi yang bebas stunting melalui kegiatan 1000 HPK. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 86-93.
Hırça, N. (2017). The influence of hands on physics experiments on scientific Process skills according to prospective teachers’ experiences1. European Journal of Physics Education, 4(1), 6-14.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Laili, U., & Andriani, R. A. D. (2019). Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 8-12.
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54.
Mukodi, M. and Rahmawati, D., 2022. Strategi Penanganan dan Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), pp.136-150.
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72-80.
Nugraha, M. G., Utari, S., Saepuzaman, D., Solihat, F. N., & Kirana, K. H. (2019, November). Development of basic physics experiments based on science process skills (SPS) to enhance mastery concepts of physics pre-service teachers in Melde’s law. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1280, No. 5, p. 052075). IOP Publishing.
Rahayu, S. P., Kep, I. S., & Ns, M. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Kader Tentang Pengukuran Antropometri Dengan Ketrampilan Dalam Melakukan Pengukuran Pertumbuhan Balita Di Posyandu Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahmawati, D., Soedjono, E.S. and Margini, N.F., 2022. Pembuatan Protipe Sarana Air Bersih Sebagai Solusi Alternatif Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Pacitan. Media Gizi Indonesia, 17.
Rochmawati, R., Marlenywati, M., & Waliyo, E. (2016). Gizi kurus (wasting) pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kota Pontianak. Jurnal Vokasi Kesehatan, 2(2), 132-138.
Saranya, M. L., Vijayasamundeeswari, M. P., & Shanmugapriya, M. A. (2021). Video Assisted Teaching on Knowledge Regarding Weaning among Mothers–Pre Experimental Non Randomized One Group Pretest and Posttest Study. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 9492-9496.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Â
ISSN Print:Â 2355-6498
ISSN Online:Â 2442-6555
Printed by LP2M IIK (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan) Bhakti Wiyata Kediri
