Budaya Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) di Lingkungan Sekolah

Durroh Humairoh

Abstract


Latar Belakang: Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan suatu intervensi kesehatan yang sederhana dan murah dalam mengurangi penularan berbagai macam penyakit, utamanya penyakit berbasis lingkungan seperti: Flu burung, diare, typus, Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), kecacingan, infeksi saluran pencernaan, Typoid, Hepatitis, dan Polio pada balita. Praktik CTPS juga dapat menurunkan insiden diare. Hal ini membuat Praktik CTPS dipandang efektif untuk pencegahan penularan penyakit menular secara langsung. Praktik CTPS ternyata belum menjadi perilaku yang biasa dilakukan sehari-hari oleh masyarakat pada umumnya dan lingkungan sekolah pada khususnya. Tujuan: Penyuluhan yang dilakukan pada siswa Madrasah Ibtida’iyah Miftahul Huda memeiliki tujuan agar siswa dapat memahami dan mengaplikasikan praktik cuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar. Metode: Ceramah dan praktik langsung dengan sasaran siswa-siswi MI Miftahul Huda Desa Bakalan Grogol Kediri kelas I dan kelas II. Fokus penyuluhan pada langkah-langkah mencuci tangan menggunakan sabun, fungsi cuci tangan pakai sabun, dan lama bertahannya kuman pada tangan tanpa sabun. Hasil: Berdasarkan hasil penyuluhan menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas I meningkat 61% dari 18% menjadi 79%, sedangkan kelas II pemahaman meningkat hingga 57% dari 42% menjadi 99%. Kesimpulan: Penyuluhan CPTS yang telah dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan siswa MI Miftahul Huda tentang buday cuci tangan dengan sabun.

Keywords


cuci, tangan, sekolah, sabun, CPTS

Full Text:

PDF

References


Sudalhar, Akhmad, Z., Putri, A.N., Uhti, F., Sismei, P.U., Sofiana, M., Ikmaluddin, A. 2017. Laporan Penyuluhan Cuci Tangan di SDN Brawohan Kecamatan Gayam Bojonegoro. Sekolah Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Bojonegoro.

Sulug, Neila., dan Silviani. 2012. Laporan Pengabdian Masyarakat Kegiatan Penyuluhan Tentang Demonstrasi Cara Mencuci Tangan yang Benar di SDN 16 dan SDN 19 Bukittinggi. Bukittinggi: Prodi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fort De Kock.

Pujiatiningsih, Ayu. 2011. Penyuluhan Cara Mencuci tangan yang Benar, Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Siswa-Siswi Kelas III A dan IIIB di Sekolah Dasar Negeri Darungan 01 Desa Krajan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Universitas Jember 12 Februari 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.